Wisata Gunung Tangkupan Perahu Bandung , Gunungnya Sangkuriang

Gunung Tangkupan Perahu , Bandung


MataWisataIndo -  Akan merasa kurang lengkap jika rasanya anda liburan ke Bandung tidak mampir ke Tangkuban Perahu, sebuah tempat wisata alam yang berada di Bandung Utara.


Gunung Tangkupan Perahu Bandung


Gunung yang indah ini dinamai Tangkuban Perahu, memang jika kalau dilihat-lihat dari kejauhan begitu mirip banget dengan perahu terbalik. Menurut orang-orang Sunda , ini adalah legenda bagian warisan dari Sangkuriang.


Untuk mencapai ketempat tujuan gunung Tangkuban Perahu, sangatlah mudah. Bisa berkendara memakai mobil pribadi, sepeda motor atau angkot. Wilayah wisata daerah tangkuban perahu letaknya berada disebelah utara kota Bandung, yang tepat letaknya di Cikole Lembang.


Untuk mencapai ke sana, dari Bandung kota anda akan menempu perjalanan sekitar 7 km ke arah Lembang, sebuah kota susunan dingin. Seterusnya ambilah jalur ke utara atau arah Subang sekitar 7 km lagi, nah jika anda sudah berada tepat di Cikole, atau tepat dititik puncak yang dimana antara perbatasan Bandung ~ Subang ada arah ke kekiri menuju Tangkuban Perahu.


Disitu ada papan petunjuk arah yang cukup jelas, menunjukkan arah tangkuban perahu.Dari titik pertigaan ini, kita akan melewati jalan mendaki dan berkelok-kelok sekitar 3-4 km menuju arah puncak dengan memasuki hutan pinus dan perdu.Dan di sepanjang jalan seringkali anda didampingi dengan kabut tipis nan dingin,nah apalagi di musim hujan, menambah suasana romantis.


Gunung Tangkupan Perahu Bandung


Setelah perjalanan mendaki itu, lalu sekarang kita akan masuki kawasan kawan Tangkuban Perahu yang dimana kita ditantang oleh keelok-elokan kawah daerah tangkuban perahu yang melegenda itu.


Anda bisa berjalan dan juga mengambil foto di gigiran kawah yang indah sambil sesekali mencium haroma bau belerang yang tertiup angin.


Jika perjalanan anda teruskan perjalanan, nanti anda akan menemukan sederetan warung oleh-oleh dan makanan khas.


Jika anda masih kuat untuk melakukan perjalanan, nah anda bisa untuk melakukan ke atas yang disitu anda bisa merasakan desain kawah dan air panas. Tetapi saat hari sudah mulai sore maka biasanya kawasan ini sudah tutup.


Gunung Tangkupan Perahu Bandung


Dulu dari pengalaman, saya mencoba keliling kawah, cukup lumayan perlu waktu hampir memakan satu jam dengan melewati hutan perdu.


Gunung Tangkupan Perahu Bandung


Jika ada waktu luang, anda bisa menikmati hijaunya pohon teh sambil nongkrong minum kopi di warung bersama keluarga, membuat suasana menjadi lebih indah. Jika sudah malam menjelang, kita masih bisa konvoy-konvoy setidaknya sesampai jam tujuh malam.


Gunung Tangkupan Perahu Bandung


Jarak :


Bandung - Lembang = 7 km


Lembang - Cikole = 5 km

Previous
Next Post »